Sayangi Hewan Peliharaanmu dengan Asuransi Kesehatan untuk Hewan

Dec 08 , 2020

Sayangi Hewan Peliharaanmu dengan Asuransi Kesehatan untuk Hewan

Close-up portrait of pleased girl with short brown hair embracing funny beagle dog with eyes closed Free Photo

Bagi Pet Lovers, hewan peliharaan seperti keluarga kita sendiri. Tatkala mereka sakit, pasti owner akan merasa kebingungan dan sedih. Tidak hanya itu, terkadang biaya pengobatannya pun cukup mahal. Saat ini di Indonesia, sudah terdapat asuransi hewan peliharaan untuk para Pet Lovers. Jadi tidak hanya orang terkasih saja yang bisa kita lindungi dengan asuransi.

Hewan peliharaan seperti kucing dan anjing dapat kita lindungi dengan asuransi untuk hewan peliharaan. Tidak hanya untuk dua hewan di atas, beberapa hewan seperti kelinci dan hewan-hewan eksotis lainnya bisa menggunakan produk asuransi, lho. Eh, tapi, memangnya apa aja sih manfaat membeli asuransi untuk hewan peliharaan? Simak penjelasannya di bawah ini. sebelumnya mari kita ketahui apa saja jenis asuransi hewan peliharaan.

Polis Asuransi untuk Hewan Peliharaan

Asuransi hewan peliharaan sebetulnya merupakan turunan asuransi properti. Asuransi tersebut dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dari si owner. Jadi, agak berbeda ya dengan asuransi jiwa/kesehatan untuk manusia. Ada 2 jenis polis produk asuransi hewan peliharaan yakni nonlife time (tidak seumur hidup) dan life time (seumur hidup).

Asuransi hewan dengan polis nonlife time ini digunakan untuk para pemilik hewan dalam periode tertentu saja. Asuransi ini menanggung banyak hal yang dialami hewan pelihataan masa itu saja. Biasanya asuransi ini dipakai pemelihara hewan yang mengembangbiakkan hewan untuk dijual/ditawarkan untuk diadopsi.

Sedangkan asuransi hewan polis life time dapat melindungi hewan apada kondisi yang tengah berlangsung hingga seumur hidupnya. Sehingga setelah hewan pelihataan meninggal, asuransi ini biasanya menawarkan fasilitas penguburannya. Tetapi, kamu perlu mencari tahu lebih lanjut tentang kedua polis tersebut dengan pihak asuransi, ya.

Apa Saja Manfaat Memiliki Asuransi Kesehatan Hewan Peliharaan?

 

  1. Penanganan kesehatan hewan peliharaan

Veterinarian check-ing puppy's health Free Photo

Asuransi hewan peliharaan dapat menanggung biaya perawatan kesehatan untuk hewan peliharaanmu yang sakit ataupun mengalami kecelakaan. Asuransi ini sama seperti asuransi kesehatan pada umumnya. Kamu dapat mengeklaim biaya kesehatan ini saat mereka sakit sehingga tidak perlu merasa was-was dengan biayanya.

  1. Penanggungan biaya kematian

Man's hands holding paws of a young puppy Premium Photo

Asuransi ini menanggung biaya pemakaman atau kremasi hewan peliharaan yang mati. Kematian hewan peliharaan bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti masalah kesehatan atau kecelakaan.

  1. Asuransi pencurian hewan peliharaan

Owner dari hewan peliharaan yang dicuri akan mendapatkan santunan saat hewan mereka hilang karena dicuri.

  1. Biaya medis untuk owner yang terluka karena hewan peliharaan

Veterinarian in black gloves with a dog and a cat in his hands Premium Photo

Tidak ada yang tahu pasti kapan hewan peliharaan akan menyerang owner mereka meski mereka tampak jinak. Biasanya insting untuk melindungi diri dari para hewan muncul saat mereka merasa terancam atau tidak nyaman. Mereka bisa menyerang orang-orang sekitar, bahkan dari owner mereka sendiri. Terlebih jika hewan itu adalah jenis hewan eksotis seperti reptil. Asuransi kesehatan ini memberikan fasilitas menanggung biaya medis bagi orang-orang yang tidak sengaja diserang hingga terluka oleh hewan peliharaan.

  1. Asuransi untuk properti

Hewan peliharaan seperti kucing dan anjing biasanya sangat aktif dan memiliki energi yang besar. Hewan peliharaan bisa saja merusak barang-barang di sekitar kita, sepeti di rumah atau pun taman. Sehingga asuransi ini juga memberikan klaim untuk properti yang dirusak oleh hewan peliharaan kita.

  1. Biaya perawatan hewan di penitipan hewan

Young women professional pet doctors posing with yorkshire terriers inside pet ambulance. animals healthcare concept. Premium Photo

Auransi untuk hewan ini dapat menanggung biaya perawatan hewan peliharaan yang ditinggal oleh majikan seperti berpergian untuk waktu yang cukup lama atau untuk majikan yang sedang mengalami sakit keras sehingga harus dirawat di rumah sakit. Asuransi akan menanggung biaya perawatan selama di tempat penitipan hewan.

 

Hal Penting Sebelum Membeli Asuransi Kesehatan Hewan

Meski ada banyak keuntungan yang bisa kita ambil dari asuransi untuk kesehatan hewan. Tetapi kita perlu cek dan recheck lagi tentang asuransi yang akan kita gunakan. Apa saja hal-hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli asuransi?

  1. Ketahui layanan yang ditawarkan perusahaan asuransi

Saat ini cukup banyak perusahaan asuransi yang menawarkan bidang asuransi kesehatan hewan. Untuk itu, konsumen harus mengetahui produk dan layanan program asuransi yang ditawarkan sebelum memutuskan untuk membeli asuransi kesehatan. Kenali cara klaimnya, dan pastikan program asuransi tersebut sesuai denga kebutuhan kita.

  1. Tanyakan biaya permi yang harus dibayarkan

Pastikan biaya premi yang harus dibayarkan. Biasanya hewan peliharaan seperti kucing dan anjing memiliki biaya premi yang lebih murah dibandingkan hewan eksotis lainnya seperti ular, kura-kura, dan lainnya. Hal itu bertujuan agar kita bisa mempersiapkan dana untuk membayar premi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Berbeda jenis hewan, maka berbeda pula biaya preminya.

Itu dia beberapa manfaat dan tips untuk membeli asuransi kesehatan untuk hewan. Tentunya kita tidak bisa asal membeli asuransi. Jika salah langkah, dana yang kita alokasikan untuk kebutuhan lain habis untuk membayar premi. Selain itu, kita juga harus mengetahui jenis layanan dan cara klaim asuransi yang menguntungkan kita.