Catnip, tamanan Mint yang Memiliki efek mirip Ganja bagi Kucing

Sep 18 , 2020

Catnip, tamanan Mint yang Memiliki efek mirip Ganja bagi Kucing

Ketika kalian membaca judul dan menlihat kata ganja kalian pasti kaget, nyatanya seorang peneliti dari University of Guelph di Kanada menggambarkan reaksi kucing akibat efek catnip bisa dipelajari sebagai model reaksi manusia saat mengonsumsi ganja atau obat narkotika lysergic acid diethylamide (LSD). Namun,kalian tak perlu khawatir karena efek Catnip pada kucing ini tak berbahaya dan akan hilang dalam hitungan menit.

Kok bisa? hal ini diakibatkan oleh kandungan senyawa kimia nepetalactone atau terpene. Senyawa kimia inilah yang mampu membuat kucing merasa lebih rileks dan berenergi. Tak hanya pada bagian daun Catnip saja, senyawa kimia ini bisa juga ditemukan pada bagian batang dan juga biji dari tanaman Catnip.



EFEK SAMPING

Efek dari tanaman Catnip pada kucing bisa berbeda-beda dari satu kuncing dan kucing lainnya. Ada yang bisa mendapatkan efek tanaman Catnip setelah mengendus sekali atau dua kali, dan ada yang mungkin harus mengendusnya beberapa kali untuk bisa mendapatkan efek dari Catnip.

Efek umum dari Catnip pada kucing adalah membuat kucing menjadi sangat hiperaktif, seperti melompat-lompat, berputar-putar, berlari kesana-kemari, dan tak bisa diam sama sekali. Namun, ada pula kucing yang justru menjadi sangat rileks setelah terkena efek dari Catnip. Kucing bisa menjadi diam sembari mendengkur dengan posisi sangat nyaman.

Pengaruh dari Catnip ini sendiri umumnya hanya bertahan selama 10 menit. Setelah itu, kucing akan kebal terhadap efek dari Catnip selama setidaknya 2 jam. Semakin sering kucing mengendus dan terkena efek dari Catnip, semakin kebal pula kucing tersebut kemudian hingga akhirnya tak bisa merasakan efek dari Catnip lagi.

Kekebalan terhadap efek Catnip juga dimiliki anak kucing yang berusia di bawah 6 bulan. Anak kucing yang berusia di bawah 6 bulan umumnya belum bisa merasakan efek dari Catnip dan tidak semua kucing akan terpengaruh dengan efek catnip ini walaupun ia sudah melewati 6 bulan, jadi kembali lagi ke kucingnya yaa

MANFAAT

Karena efeknya yang konsisten terhadap kucing. Catnip bisa digunakan sebagai alat bantu ketika melatih kucing.

Kamu membeli tempat tidur untuk kucingmu, tetapi ia tidak mau menggunakannya? Beri sedikit sentuhan catnip pada tempat tidur barunya, dan kucing kesayanganmu akan segera betah berlama-lama di tempat tidurnya yang baru.

untuk menghindari bagian yang sering di garuk oleh kucing, kalian bisa mengoleskan atau menyemprot pada bagian tersebut.

Di Pet Republic Jakarta kita menyediakan berbagai jenis media yang berhubungan dengan tumbuhan catnip tersebut, seperti tempat tidur catnip, spray catnip, snack catnip, dsb. 

Detail
s
alah satu contoh spray catnip.